Stop Benci Pekerjaan Anda Sendiri !

Apakah Anda mencintai pekerjaan sendiri saat ini? Jika tidak kemungkinan anda akan menderita kesehatan setelah usia 40 tahun. Dalam sebuah penelitian menyatakan demikian: pekerjaan yang berhubungan dengan ketidakpuasan di usia 20 sampai 30 an dapat menyebabkan masalah kesehatan di usia 40 tahun.
benci-pekerjaan
Banyak dijumpai seorang yang membenci pekerjaannya sendiri. Bisa jadi pekerjaan saat ini bukanlah pekerjaan yang selama ini diidam-idamkan. Pekerjaan yang bukan cita-citanya waktu kecil.

Memiliki pekerjaan yang Anda sendiri tidak suka, pasti membuat rasa sebal. Semangat Anda turun. Yang akhirnya membuat motivasi dan potensi yang ada dalam diri dalam pekerjaan anda hilang. Anda akan terlihat ogah-ogahan. Itu ciri-ciri yang dapat terlihat akibat anda tidak mencintai pekerjaan Anda saat ini. Namun tidak sebatas itu. Membenci pekerjaan Anda sendiri ternyata mempengaruhi kesehatan Anda.

Menurut sebuah studi baru dari American Sociological Association, ketidakpuasan yang berhubungan dengan pekerjaan profesional dalam usia 20-an dan 30-an dapat menyebabkan masalah kesehatan secara keseluruhan hanya 10 atau 20 tahun ke depan.

Dari studi ini ditemukan ada efek kumulatif dari kepuasan kerja terhadap kesehatan yang muncul pada awal 40-an Anda. Studi ini menganlisis data dari lebih 6.000 peserta yang melacak hasil penelitian sejak tahun 1979.
Para peneliti memeriksa lintasan kepuasan kerja peserta dari usia 25-39, dan kemudian dibandingkan data dengan kondisi kesehatan yang dilaporkan oleh peserta yang sama setelah mereka berusia 40 tahun.

Dari penelitian ini ditemukan orang-orang yang tidak bahagia dalam pekerjaan mereka di awal karir, paling rentan dengan berbagai macam penyakit, khususnya masalah kesehatan mental di usia 40 tahun. Mereka lebih tertekan, memiliki masalah yang lebih emosional dan masalah tidur dan menderita kecemasn yang berlebihan.

Penyakit fisik juga memungkinkan , namun dalam jumlah yang rendah. Mereka dengan kepuasan kerja yang lebih rendah cenderung melaporkan lebih banyak masalah seperti sakit punggung dan flu yang lebih sering di banding dengan pekerja yang menikmati pekerjaannya di usia 20 dan 30 an.

“ Kami menemukan bahwa mereka dengan tingkt kepuasan kerja yang lebih rendah di usia 20 an dan 30 an memiliki kesehatan mental yang lebih buruk dibandinkan dengan mereka dengan tingkat kepuasan kerja tinggi” Kata Dirlam, peneliti dari studi kepada CBS News. Sambungnya lagi “ Mereka yang awalnya memiliki kepuasan kerja yang tinggi namun lambat laun menurun dari waktu ke waktu juga memiliki kesehatan yang lebih buruk”.

Hui Zheng, seorang Professor sosiologi di Ohio State, mengatakan temuan ini sangat penting bahwa pekerjaan awal terhadap kehidupan masyarkat dan kesejahteraan pada umumnya. Ia menambahkan bahwa kita tidak menunggu di akhir karir hanya untuk melihat dampak kesehatan dari kepuasan kerja. Penelitian ini sudah menyimpulkan jika kepuasan terhadap pekerjaan kita dapat berefek pada kesehatan baik mental maupun fisik. Selanjutnya, ia memaparkan jika kecemasan dan depresi dapat menyebabkan masalah kesehatan kardiovaskuler atau lainnya yang tidak akan muncul sampai mereka berusia tua.

Studi ini dipresentasikan pada 22 Agustus 2016 pada pertemuan tahunan ASA. Temuan ini juga menguatkan temuan sebelumnya yang menunjukan hubungan yang erat antara kepuasan kerja dengan kesehatan. Kepuasan kerja adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan pekerja.

Dari temuan inilah lembaga atau apapun Badan yang mempekerjakan orang sebagai karyawan untuk dapat mengembangkan kebijakan manajemen stres untuk mengenali dan membasmi praktek kerja yang menyebabkan sebagian besar ketidakpuasan kerja sebagai bagian dari setiap latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan karyawan.

Bagaimana apakah Anda sekarang masih berniat untuk tidak menyukai pekerajaan Anda sendiri. Bersyukurlah mungkin kata yang tepat untuk membuat Anda mencintai pekerjaan Anda. Ingat masih banyak diluar sana yang menginginkan posisi Anda saat ini. Selamat Bekerja dan berkarya.

,

Post navigation