Ikuti Guru Menulis Anti Korupsi

guru menulis anti korupsi
guru menulis anti korupsi
Komisi Pemberantasan Korupsi membuka kesempatan bagi para guru untuk terlibat dan berpartisipasi dalam membangun generasi jujur dan berkarakter antikorupsi dalam tema ” Guru Menulis Antikorupsi”. Mereka para guru terpilih akan diundang dan menjadi peserta pelatihan ” ” Anti Corruption Teacher Supercamp 2016: Guru Menulis Anti Korupsi” yang diselenggarakan selama 5 hari di Bali.

Bagamiana syaratnya agar dapat mengikuti pelatihan tersebut? Syarat yang pertama tentu seorang guru, dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, baik PNS maupun Non-PNS dengan dibuktikan surat keterangan sebagai guru aktif oleh atasan langsung. Selanjuntya peminat mendaftaran diri dengan mengisi biodata, dan mengirimkan karya tulis, sesaui dengan kategori cerita bergambar, cerita pendek anak, komik, dan skenario film pendek remaja bertema anti korupsi dan kearifan lokal.

Untuk menjadi peserta kegiatan ini, para guru terlebih dahulu mendaftar secara online atau offline. Dengan syarat mengirimkan karya tulis dengan berbagai kategori yang dapat dipilih sesuai dengan jenjang guru mengajar. Panitia penyelenggara hanya akan memilih 50 karya terbaik, dan selanjutnya, penulisnya akan diundang ke Bali.

Pendaftaran dan Pengiriman Naskah Karya Tulis
Pendaftaran dan pengiriman karya pada 11 Agustus – 11 Oktober 2016, dapat dilakukan via email teachersupercamp2016@gmail.com atau pos/kurir ke alamat:
Sekretariat
Anti-corruption Teacher Supercamp 2016:
(Provisi Education)
Jl. Mandala Selatan, No. 33, Tomang, Jakarta, 11440
Telp. 021-5661017
HP. 0821.1237.3219
email: teachersupercamp2016@gmail.com
 
Kategori Karya

– Cerita Bergambar (Guru TK/PAUD/RA/SD Kls.1-3)
– Cerita Pendek Anak (Guru SD/MI Kls. 4-6)
– Komik (Guru SD kls. 4-6, SMP/MTs/SMA/K/MA)
– Skenario film pendek remaja (Guru SMP/MTs/SMA/K/MA) 

Ketentuan Umum

Peserta adalah guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK, baik negeri atau swasta dari seluruh Indonesia (dibuktikan dengan surat pernyataan resmi dari kepala sekolah)Memiliki semangat & komitmen dalam implementasi pendidikan antikorupsiKarya asli, bukan saduran/terjemahan, plagiasi, dan belum pernah dilombakan/dipublikasikan pada media cetak dan noncetak (dibuktikan dengan surat pernyataan)Seleksi berdasarkan hasil karya yang dikirim, dalam bentuk karya tulis dengan kategori:

Seluruh karya yang masuk & terpilih akan menjadi hak milik KPK, dan akan dijadikan bahan pembelajaran antikorupsi di TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK.Peserta hanya diperbolehkan mengirim1 kategori karya.Karya diseleksi oleh dewan juri. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat,Pendaftaran 11 Agustus – 11 Oktober 2016. Peserta wajib melakukan pendaftaran online ataupun offline di sekretariat panitia serta mengirimkan karya paling lambat 11 Oktober 2016 (cap pos). 

Ketentuan Khusus

Ide karya mengandung nilai antikorupsi(jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, dan peduli) dan mengangkat kearifan lokal.Khusus untuk guru madrasah, selain nilai antikorupsi dan kearifan lokal, pada karya yang dibuat juga harus mengandung nilai-nilai keagamaan.Mengisi formulir pendaftaran; salinan identitas diri; surat keterangan mengajar.Target pembaca dan penikmat karya adalah siswa dengan segmentasi TK/PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK.Menggunakan bahasa Indonesia, tidak mengandung unsur pornografi, tidak vulgar, dan tidak mengandung kekerasan, serta tidak menyinggung  SARA.Karya yang dikirimkan dapat berupa:

a. Cerita bergambar (Guru TK/RA-SD/MI kls 1-3)Karya yang dikirimkan berisi tema, ide cerita, judul, dan narasi pendek serta ilustrasi/rencana ilustrasi (template disediakan).Panjang naskah untuk 24 halaman. Ditulis pada kertas A4, Times New Roman 12, spasi 1,5, dengan margin kanan-kiri-atas-bawah 3 cm  Maksimal mengirimkan 2 buah karya

b. Cerita pendek anak (Guru SD/MI kls 4-6)Panjang cerpen 3 halaman (tanpa gambar/ilustrasi) pada kertas ukuran A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5, margin kanan-kiri-atas-bawah 3 cm.

c. Komik (Guru SD/MI kls 4-6/SMP/MTs/SMA/K/MA)Minimal 9 panel.Teknik warna & gaya menggambar bebas.

d. Skenario film pendek remaja (Guru SMP/MTs/SMA/K/MA)Panjang nahkah 5-10 halaman (8-12 scene/adegan) pada kertas ukuran A4,  font Courrier New 12, spasi 1,5, dengan margin kanan-kiri-atas-bawah 3 cm.Mencantumkan deskripsi penokohan.Karya dikirim dalam format word dan pdf (khusus komik: JPG dengan resolusi 300 dpi)  melalui pos/kurir atau email.Setiap karya yang dikirimkan harus disertai dengan rencana pembelajarandengan menggunakan karya yang dibuat.

Tahap Seleksi Karya dilaksanakan pada 17 Oktober 2016, dan tiga hari kemudian tanggal 20 Oktober 2016, penyelenggara akan mengumumkan peserta terpilih sebanyak 50 orang guru. Pengumuman peserta akan dilakukan melalui website KPK: www.kpk.go.id dan www.acch.kpk.go.id/teachersupercamp.

Selanjutnya pemenang hasil seleksi akan diundang untuk mengikuti pelatihan ” Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016 selama lima hari di pulau Bali.

Di dalam pelatihan Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016 ini, para guru atau peserta akan mendapatkan:
•    Materi tentang pengembangan ide cerita yang kreatif dan karakter yang kuat dalam sebuah cerita.
•    Materi tentang penyusunan sebuah cerita yang menarik dan sesuai dengan target pembaca.
•    Saran dan bimbingan langsung dari editor, penulis, komikus, pakar, dan akademisi di bidang penulisan.

Narasumber dan Mentor Pelatihan ” Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016 anatara lain:
Helvy Tiana Rosa (penulis), Salman Aristo( penulis), Faza Meonk( komikus), Hernowo Hasim(penulis), Sweta Kartika (komikus), Achi TM( penulis skenario film), Benny Rhamdani (penulis dan editor buku), eva Nukman (pakar penulisan anak), Wahyu Farah Dina(pakar pendidikan karakter) dan Zulfikri Anas (pakar pendidikan dan kurikulum).
 
Hasil dari pelatihan “Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016: Guru Menulis Antikorupsi” akan menjadi bahan bagi KPK dalam mengembangkan materi pembelajaran pendidikan antikorupsi di semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Untuk Informasi selengkapnya tentang Guru Menullis Anti Korupsi yang dapat di buka di http://acch.kpk.go.id/teachersupercamp, untuk mengisi pendaftaran secara online.

Post navigation

2 thoughts on “Ikuti Guru Menulis Anti Korupsi

Comments disabled.