Desa Pemuteran Destinasi Top Asia

Desa pemuteran
Desa pemuteran destinasi wisata

Suasana tenang jauh dari keramaian, dan berada di pesisir pantai yang asri, dengan alamnya yang mempesona, siapa pun tidak ingin melewatkan sensasi tersebut. Suasana ini akan tersaji di alam desa Pemuteran. Inilah modal desa Pemuteran yang baru baru ini dinobatkan menjadi salah satu destinasi wiaata terbaik di kawasan Asia menurut Lonely Planet.

Dengan sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan, desa Pemuteran, kecamatan Gerogak, kabupaten Buleleng, Bali, mebawarkan suasana alam yang asri. Suasana inilah yang menjadikan wisatawan yang rindu ketenangan tertarik mengunjungi Desa Pemuteran.

Potensi alam di desa Pemuteran yang sekarang nampak bergeliat, akan jauh berbeda dua puluh tahun yang lalu. Pada saat itu, banyak warga yang merusak terumbu karang akibat warga yang sebagian besar nelayan dalam mencari ikan menggunakan bahan peledak. Setelah masyarakat teredukasi kebiasaan merusak alam tidak ditemukan lagi, namun masyarakat berbalik untuk melestarikan alam di desa tersebut.

Desa Pemuteran menawarkan wisata bahari sekaligus wisata alam. Wisata bahari karena desa ini berada di pesisir pantai, sedangkan wisata alam dapat dinikmati karena desa inj juga berada di lokasi bukit bukit yang berjejer hijau.

Wisata bahari desa Pemuteran menawarkan, surga bawah laut dengan terumbu karangnya, selain itu bagi wisatawan yang ingin mencoba sensasi laut yang tenang, juga dapat mencoba snorkeling, jet ski, dan duving. Selain itu desa Pemuteran juga memiliki ekowisata penangkaran penyu.

Tidak berlebihan jika Desa Pemuteran dijadikan desa wisata percontohan oleh kementerian pariwisata. Desa wisata Pemuteran merupakan sebuah model desa wisata di Bali yang dikembangkan dengan penerapan konsep berkelanutan ekowisata yang berbasis pada lokalitas, dengan minat khusus.

Sebagai desa wisata yang salah satu tujuannya meningkatkan perekonomian warga, Desa Pemuteran sangat hati hati dalam mengembangkan fasilitas wisata. Hanya warga setempat yang diperbolehkan mendirikan homestay. Selain homestay juga terdapat hotel, villa, cafe,restoran, dan spa. Fasilitas terkait jasa juga banyak bermunculan seperti jasa penyewaan aktivitas diving.

Kegiatan wisata di desa Pemuteran benar benar meningkatkan perputaran ekonomi warga. Dengan kunjungan wisatawan banyak warga desa terjun dalam industri wisata seperti kerajianan. Pengelolaan yang mandiri dan dilakukan atas dasar kesadaran masyarakat desa, menjadikan Desa Pemuteran mendapat plakat sebagai destinasi top di wilayah Asia.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi desa Pemuteran?

, , ,

Post navigation