Cara Agar Anda Hidup Menderita

Derita dan bahagia seseorang lebih banyak ditentukan diri sendiri. Derita dan kesedihan hidup maupun bahagia dan ceria adalah sebuah pilihan. Seseorang dapat mengubah kesedihan menjadi kebahagian, dan sebaliknya bisa mengubah kebahagian menjadi derita. Jika Anda melakukan langkah langkah berikut, cara yang dilakukan dapat membuat hidup menderita. Ini cara jika ingin hidup menderita.

1. Selalu beranggapan hidup adalah sesuatu yang berat dijalani.
Jika seseorang beranggapan hidup adalah cobaan yang berat, berprasangka hidup sangat berat untuk dijalani. Bisa dipastikan orang tersebut dalam situasi menderita. Jika orang ingin hidup menderita tanpa akhir, silahkan penuhi otak dengan anggapan ini. Namun jika ingin menghapus derita hidup, dan menjalani hidup tanpa derita, buang jauh jauh prasangka yang memvonis hidup adalah penderitaan.

2. Fokus pada hal negatif
Dalam hidup pasti silih berganti persoalan yang dihadapi. Tidak ada seorangpun yang terbebas dari situasi yang menyenangkan saja, atau situasi yang menghawatirkan. Jika memandang semua persoalan hidup dengan kacamata fokus pada hal hal negatif, tidak salah lagi ia sedang dalam keadaan menderita. Dan tidak ada obatnya kecuali membuah jauh jauh pikiran pada hal yang negatif.

3. Cara agar hidup menderita berikutnya adalah, berusaha membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.
Inilah cara yang membuat seseorang terus dihantui kesedihan dan derita. Membandingkan segala hal yang ada pada diri sendiri dengan orang lain, cukup ampuh membuat Anda tidur gelisah.

4. Miliki sifat Iri dan Dengki adalah cara lain agar hidup seseorang menderita.
Membandingkan bandingkan dengan orang lain tidak hanya membuat hidup tak enak, namun juga akan berbuah sifat iri dan dengki. Sebuah sifat yang tidak ingin orang lain bahagia. Sebuah sifat yang tidak ingin orang lain sukses. Sebuah sifat yang pasti menjadikan orang memilikinya tidak akan berkembang.

5. Sulit mempercayai orang lain.
Jika seseorang kesulitan mempercayai orang lain, bahkan dalam hal tugas dan kewajibannya, dijamin dalam kesehariannya ia akan dibuat pusing oleh anggapan atau persepsi sendiri, yaitu anggapan orang lain tidak bisa dipercaya dan tidak mampu

6. Berkeinginan menyelesaikan semua hal.
Ini adalah cara turunan dari sulit mempercayai orang lain. Saat seseorang kesulitan mempercayai orang lain, maka ia berkeinginan menyelesaikan semua hal, bahkan hal hal yang seharusnya bukan tugasnya, hal hal yang seharusnya dikerjakan oleh anak buahnya. Bukannya persoalan teratasi, namun situasi akan membuat dia selalu panik dan mencurigai orang orang yang ada disekelilingnya.

7. Derita hidup juga dapat diciptakan dengan keinginan Mengontrol semua hal.
Sikap seperti ini biasanya terlihat jelas saat seseorang duduk di kursi kepemimpinan. Seorang pemimpin yang berusaha mengontrol semua hal sekecil butir padi, ini menunjukan bahwa ia tidak memiliki kepercayaandengan bawahannya. Sikap ini juga menunjukan orang tersebut tidak memiliki skala prioritas. Sikap ingin mengontrol semua hal tidak hanya untuk pemimpin, namun juga dapat dimiliki oleh setiap orang yang berstatus hidup menderita.

8. Memandang masa depan begitu suram.
Jika seseorang berfikir masa depan adalah keadaan yang suram, dan menakutkan. Tentu hari ini, detik ini ia sedang dalam selimut penderitaan. Orang ini selalu gagal dan sulit tersenyum dalam sejenak, karena ia sudah memiliki rasa khawatir akan masa depannya.

9. Selalu mengeluh, dan bergosip dalam setiap obrolan.
Tanda orang menderita yang gampang yaitu apakah saat ia berbicara dalam setiap obrolan, lebih banyak kalimat keluhan atau tidak. Jika dalam setiap obrolan, keluhan selalu terlontar, menandakan keadaan hidupnya saat itu sedang jauh dari kata bahagia. Biasanya keluhan akan dilanjutkan dengan nge-gosip. Dan dua duanya menyatu dalam setiap perbincangan.

10. Hanyut dalam masa lalu
Saat ini ada karena masa lalu. Masa depan ada karena masa ini. Masa lalu apapun kisahnya jika digunakan untuk kebanggaan, maka tak perlu lagi bertanya, jelas orang tersebut sedang dalam keadaan kekurangan, kecewa, sedih dan jika dibiarkan berlarut larut akab membuat hidup menderita. Masa lalu pun akan membuat orang tidak bisa lepas dari derita, jika masa lalu yang buruk selalu dijadikan dasar rujukan setiap langkah kehidupan hari ini.

11. Gengsi juga faktor yang membuat hidup seseorang menderita.
Apa itu gengsi? Secara sederhana dapat diartikan jika gengsi adalah sikap yang ingin terlihat jauh lebih tinggi dari kemampuan sebenarnya. Banyak orang yang berusaha dengan daya upaya untuk mewujudkan sesuatu keinginan yang ingin dicapai, namun kemampuan baik materi maupun non materi tidak mendukung. Mungkin ia dapat menunjukan kepada orang lain barang miliknya, namun ternyata hasil untuk membeli barang tersebut adalah hasil berhutang dengan bunga tinggi. Ia akan dihantui rasa was was oleh pihak peminjam setiap bulan.

12. Dan yang terakhir cara agar hidup menderita adalah tidak ada rasa syukur dari setiap nikmat yang sudah dimiliki. Kaya apalagi miskin jika tidak ada rasa syukur ia akan merasakan kekurangan setiap saat.

Itulah hal yang dapat membuat orang hidupnya menderita. Hidup menderita bukan ditentukan oleh harta, kekayaan maupun kedudukan. Hidup miskin lebih ditentukan oleh sikap atau karakter seperti yang sudah disebutkan diatas. Jadi jika ingin hidupnya tidak menderita, jangan lakukan hal tersebut.

, , ,

Post navigation