Sempat Resah Guru Sertifikasi 2015 Kini Tersenyum

guru sertifikasi kementerian agama
sempat resah guru madrasah melihat berita penundaan sergur
Kabar santer akhir akhir ini yang membuat was-was bagi guru Kementerian Agama, terkait tunjangan profesi guru di bawah kementerian agama yang lulus serifikasi tahun 2015, akan mendapat tunjangan per tahun anggaran 2017. Tunjangan sebesar gaji pokok sesuai peraturan yang sudah ada sebelumnya akan dibayarkan pada tahun berikutnya. Jelas kabar ini membuat banyak guru yang telah menempuh ujian sertifikasi di tahun 2015 dan sudah mendapat Nomor Registrasi Guru menjadi resah dan gelisah.

Keresahan mereka akibat diterbitkannya surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2406 Tahun 2016, yang berisi Tunjangan Profesi akan dibayarkan mulai tanggal 2 Januari 2017. Berdasarkan SK Dirjen Pendis Kemenag Nomor 2406 tahun ini merupakan perubahan atas keputusan dirjen pendis Kemenang mengenai penetapan NRG bagi guru lulusan sertifikasi tahun 2015 no 1715 Tahun 2016. Artinya, selama satu tahun, yaitu 2016, guru yang penetapan nomor registrasi guru lulusan serifikasi guru tahun 2015, harus puasa tidak menerima tunjangan profesi untuk tahun pertama. Padahal banyak dari mereka berharap-harap cemas segera menikmati tunjangan profesi.

Ketidakpastian ini menyebabkan guru khususnya yang bersetatus Wiyata Bakti tidak menerima honor sepeserpun dari Madrasah tempat bertugas, maupun dari tunjangan lain, misalnya APBD II karena ada kebijakan yang melarang guru Wiyata yang sudah sertifikasi tidak boleh menerima honor dari Bantuan Operasional Sekolah maupun tunjangan lain. Jelas ini sangat merugikan.

Namun keresahan itu pun terobati dengan diterbitkannya Surat Keputusan pembatalan SK No 2406, yang tertuang dalam press release Ditjen Pendis pada Kamis, 23 Juni 2016, yang berisi:

1. Bahwa keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2406 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1715 Tahun 2016 Tentang Penetapan Nomor Registrasi Guru Bagi Lulusan Sertifikasi Guru Tahun 2015 Dalam Binaan Direktorat Pendidikan Madrasah akan DICABUT dan SEGERA DIREVISI diktum Kesatu dengan merujuk kembali kepada Diktum keempat sebagaimana tercantum di dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1715 tahun 2016.

2. Revisi Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam sebagaimana dimaksud pada poin 1 di atas akan segera diterbitkan dalam waktu dekat.

Press Release yang tertanggal 23 Juni 2016 dan diketahui Direkturat Jendral, Komaruddin Amin.

,

Post navigation

7 thoughts on “Sempat Resah Guru Sertifikasi 2015 Kini Tersenyum

  1. Aslkm bpk bgmn nasib kmi guru yg plpg 2015 blm ada kejelasannya…ktnya mau sirevisi tp smpai skrg kok blm jg…..tlg kejelasannya ….pak

    1. bolh bantu jawab, ni.. sepengetahuan saya, guru yang sudah ikut plpg di thun 2015 seharusnya mendpt tunjangan per januari 2016. jika belum, mungkin akan di rapel. Selebihnya, namanya tunjangan, dibayar atau tidak dibayar tergantung kebijakan dan kemmpuan keuangan negara

  2. sangat disayangkan pada hal sudah ada press release, apa release tsb hanya mengundang kebahagiaan sementara. pada hal daerah yang luar Jawa sebagian ada yang dicairkan, tapi untuk daerah Jawa sama sekali belum ada kabar apa apa.

Comments disabled.